Wednesday, October 14, 2009

Strategic Planning of KA-POW! Resto.

1. Desicion-making proses at d’ last time we ate at d’mall food court:
Terakhir kali ke mall ya untuk jalan-jalan (hang out) belanja > trus lapar & memutuskan untuk makan besar > tapi mikir-mikir dulu enaknya makan menu apa > baru cari tempat dengan menu sesuai keinginan (makan mie di Meal Box). Carinya tempat yang sudah pernah didatangin tapi sepi,jadinya ndak antri > pertimbangan terakhir barulah harganya yang cocok.
2. Biasanya keluarga besar makan bersama-sama di food court, mereka sengaja ke malluntuk sekedar makan bersama sambil mempererat kekeluargaan di tem[at ramai seperti food court.
3. Target market Chi Hung seharusnya sudah mengerucut. Saran kami KA-POW! milik Chi Hung target pasar restorannya harus mengambil sasaran tertentu, seperti restoran keluarga (family resto), schoolers hang out, atau yang lain yang merupakan tempat makan rame-rame. Karena sebagai food court yang di setting untuk gathering rame-rame orang banyak rasanya lebih cocok, karena kebanyakan mereka tiap harinya ‘mall walking ritual’. Jadi Chi Hung lebih baik jangan mengambil resiko untuk mencoba satu-satu target pasarnya,karena itu membuang waktu.
4. Menurutku KA-POW! seharusnya menawarkan program take out namun tanpa delivery, karena ini termasuk restoran baru sebaiknya calon pelanggan tahu tentang resto ini (menumbuhkan awarness) dengan datang & membeli langsung ke tempatnya. Untuk additional product sepertinya lebih asik lagi (misalkan produk-produk minuman ringan/coffe/teh sebagai teman nongkrong), karena hal ini bisa menumbuhkan target baru dengan alasan apapun untuk merasakan aditional product itu.
5. Cognitive - affective - conative
Awalnya menawarkan makanan kepada konsumen dengan mengedukasi masyarakat tentang bahan-bahan yang terkandung di dalamnya hingga ia berbeda dengan makanan sejenis di bidangnya. Penasaran dengan harga murah atau apapun yang dapat menarik perhatian konsumen juga dapat membatu awal kognitif ini. Kemudian konsumen akan merasakan secara langsung tentang rasa dari bentukan edukasi tadi, sehingga mereka bisa memilih dan merasakan kekurangn maupun kelebihan produk. Terakhir, jika konsumen merasa puas dengan produk yang ditawarkan, bisa jadi ia akan loyal terhadap produk atau sebaliknya.
Affective - conative - cognitif
Di sini pada awalnya konsumen dapat merasakan secara langsung sisi positif/negatif terhadap produk. Kemudian barulah ia memutuskan untuk membeli karena adanya rangsangan produk terhadap apa yang sudah ia rasakan tadi. Yang terakhir barulah ia mencari tahu lebih dalam tentang kandungan, manfaat, atau bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.
Conative - cognitive – affective
Dimulai dengan dasar coba-coba, jadi konsumen awalnya memang benar-benar tidak mengetahui tentang produk ini, biasanya pada produk baru. Sehingga timbul rasa ingin tahu & penasaran lalu memutuskan untuk membelinya. Kemudian di tahap kofnitif disaat ia menggunakan produk dan mencari tahu apa saja tentang produk, misalnya bahan, nutrisi, manfaat, dll. Baru setelah itu ia memutuskan untuk selanjutnya menggunakan produk tersebut atau tidak.
6. Family
Saat bersama keluarga, yang terpenting adalah tempat yang nyaman dan harga yang lumayan terjangkau serta makanan yang dijual rata-rata lebih banyak makanan pokok yang mengenyangkan dibanding cemilan. Karena saat bersama keluarga biasanya memang untuk makan besar, berbeda bila berkumpul dengan teman-teman.
Tag line:
- Nikmati kebersamaan keluarga anda di setiap menunya
- Dengan bumbu istimewa dan rasa traditional kami menyajikan suasana baru untuk anda
- Kepuasan anda adalah ciri khas hidangan kami
Junior high
Biasanya anak SMP hanya quick visit saja meski berkomunal, tapi mereka lebih banyak berjalan-jalan, jarang untuk mampir ke food court. Jadi sediakan menu fast food dan soft drink untuk target ini. Kadang jika merasa nyaman, mereka enggan meninggalkan tempat itu. Strrateginya adalah sediakan fast food & soft drink , tempat yang nyaman, bahkan bonus untuk pembelian tertentu misalnya.
Tag line:
- Beli 3 dapat 1
- Perut kenyang harga tenang
- Get free drink in Monday
Senior high
Untuk target SMA sebaiknya sediakan tempat yang nyaman untuk bercengkrama dan bercanda bersama teman serta tidak membuat mereka bosan. Bisa juga disediakan layanan wi-fi sebagai bonus servis. Sediakan juga hidangan ringan yang tidak menguras kantong.


*ordinarypeoplewithextraordinaryidea ;)

0 comments:

Post a Comment