Thursday, October 15, 2009

TREND 2000-AN!

KENDARAAN
- Sepeda motor matic : ...
- Pengunaan helm standart. Dulu sebelum tahun 2000 penggunaan helm yang biasa disebut helm ‘cebuk’ banyak digunakan. Sedangkan tahun 2000-an pengguna helm standart meningkat, dengan alasan keamanan, keselamatan dll. Namun, kini selain masih tren helm standart,tapi model hel standart yg aneh2 dan bermacam-macam lebih digemari.
FASHION
- Rambut era 2000-an untuk gender cowok model awut-awutan tidak disisir lebih tren. Untuk gender wanita pada awalnya sempat tren dilurusin, lalu keriting gantung dan juga sempat in hair extension.
- Pemasangan kawat gigi semakin booming, dan sekarang bukan hanya demi kesehatan tapi juga untuk gaya. Para pria pun banyak juga yg menggunakannya.
- Kacamata frame tebal semakin digemari, serasa kembali ke jaman oldies. Tapi masih sebatas untuk gaya, bukan kacamata minus sehari-hari.
- Sejak 2000-an celana pensil yang semakin kecil dan sempit di bagian bawahnya, kini semakin booming. Sebelumnya para remaja lebih menggemari model cut bray, lurus biasa, longgar. Dan pada model pingganya lg tren model hipster.
- Sepatu sneakers disukai remaja. Modelnya seperti sepatu-sepatu jaman dulu
- Dulu sandal jepit aja sandal biasa, sedangkan sekarang, orang2 dengan SES midle up lebih memilih sandal karet merk ‘crocs’ yang sampai sekarang model2nya diadaptasi oleh merk2 lain.
FOOD
- Mulai era 2000-an banyak masyarakat yg lebih memilih makanan cepat saji, fast food, junk food, atau delivery dengan alasan hemat waktu, kenyamanan, dan kemudahan sehingga mereka semakin malas.
- Minuman kemasan yang menawarkan bermacam-macam manfaat & diangap praktis, sehat, higiene, dan harganya rata-rata standar lebih banyak dipilih,apalagi oleh kaum muda dengan aktifitas tinggi
- Coffe shop jadi pilihan tempat nongkrong.
ENTERTAIN
- Musik dan film indie semakin marak oleh sineas-sineas muda yang selalu ingin berkarya. Apalagi sekarang banyak juga festival-festival film & musik indie di Indonesia.
- Reality show yang menyentuh emosi pemirsa televisi jadi disuka, meskipun semakin lama nampak seperti skenario saja.
- Sinetron semakin menggila di tahun 2000. Awalnya dipelopori oleh sinetron tersanjung yg episodenya tidak pernah usai dan terus bersambung.
- Grup band di Indonesia bertambah banyak dengan bermacam-macam gere lagunya.
ELEKTRONIK
- Mp3 banyak digemari sebagai pemutar musik praktis yang juga dapat menyimpan data dalam ukuran mini dan easy play.
- Akhir-akhir ini laptop sangat menjamur di kebanyakan lapisan masyarakat. Bukan hanya dulu eksekutif muda yang membutuhkan akses komputer cepat dan mudah, atau mahasiswa dengan mobilitas tinggi, tapi juga ibu-ibu rumah tangga di rumah.
- TV yang digemari sekarang ini kebanyakan adalah TV layar datar, tidak seperti dulu yang layarnya cembung.
- Pengguna TV parabola sekarang tidak hanya orang –orang kalangan atas saja sebagai penyedia sarana informasi global yang memanfaatkan fasilitas ini, tapi masyarakat kalangan menengah yang merasa mampu berlangganan banyak menggunakannya.
- Awal 2000-an masyarakat mengenal vcd film, bukan lagi menunggu kemunculannya di tv.
LIFESTYLE
- Di era 2000 ini semakin menjunjung tinggi kemudahan, kepraktisan, dan apapun yg mendukung mobilitas tinggi.
- Manusia juga lebih memilih sesuatu yang lebih personal daripada untuk komunal. Misalnya di bidang fashion adanya produksi kaos couple yang terbatas atau bahkan pesan secara khusus untuk dirinya sendiri.
- Kesibukan di luar rumah lebih banyak dipilih daripada hanya stay at home meskipun tetap beramai-ramai
- Internet dan semua yang ada pada dunia maya benar-benar mendominasi. Mulai dari awalnya kebiasaan masyarakat Indonesia yang dikenal tukang download sekarang-sekarang ini mulai ada kebiasaan baru untuk posting something di blog dan sejenisnya. Selain itu fungsi internet sekarang semakin berkembang hingga fungsi networking benar-benar dirasa erat oleh masyarakat, misalnya dengan adanya facebook atau bahkan chatting yang bisa membuat penggunanya lebih intens untuk berkomunikasi kepada seluruh orang di dunia, benar-benar serasa tiada jarak lagi antara ruang dan waktu.



*ordinarypeoplewithextraordinaryidea ;)

0 comments:

Post a Comment